Latihan Soal Logika Matematika


1.     Perhatikan premis – premis berikut !
-          Jika saya giat belajar maka saya bisa meraih juara
-          Jika saya bisa meraih juara maka saya boleh ikut bertanding
Ingkaran dari kesimpulan kedua premis di atas adalah ….
a.     Saya giat belajar dan saya tidak boleh ikut bertanding
b.    Saya giat belajar atau saya tidak boleh ikut bertanding
c.     Saya giat belajar maka saya bisa meraih juara
d.    Saya giat belajar dan saya boleh ikut bertanding
e.     Saya ikut bertanding maka saya giat belajar
 (UN 2009 A)

2.     Diketahui premis – premis :
(1)   Jika Badu rajin belajar dan patuh pada orang tua, maka Ayah membelikan bola basket
(2)   Ayah tidak membelikan bola basket
Kesimpulan yang sah adalah ….
a.     Badu rajin belajar dan Badu patuh pada orang tua
b.    Badu tidak rajin belajar dan Badu tidak patuh pada orang tua
c.     Badu tidak rajin belajar atau Badu tidak patuh pada orang tua
d.    Badu tidak rajin belajar dan Badu patuh pada orang tua
e.     Badu rajin belajar atau Badu tidak patuh pada orang tua
(UN 2008)

3.     Ingkaran dari pernyataan “ Beberapa bilangan prima adalah bilangan genap “ adalah ….
a.     Semua bilangan prima adalah bilangan genap
b.    Semua bilangan prima bukan bilangan genap
c.     Beberapa bilangan prima bukan bilangan genap
d.    Beberapa bilangan genap bukan bilangan prima
e.     Beberapa bilangan genap adalah bilangan prima….
(UN 2008)


4.     Kontraposisi dari pernyataan majemuk p→(pV~q ) adalah ….
a.     ( p V ~q ) → ~p
b.    (~p Λ q ) → ~p
c.     ( p V ~q ) → p
d.    (~p V q ) → ~p
e.     ( p Λ ~q ) → ~p
(UN 2001)

5.     Invers dari pernyataan p → ( p Λ q )
a.     (~p Λ ~q ) → ~p
b.    (~p V ~q ) → ~p
c.     ~p → (~p Λ ~q )
d.    ~p → (~p Λ q )
e.     ~p → (~p V ~q )
(UN 2005)

6.     Diketahui pernyataan :
1.     Jika hari panas, maka Ani memakai topi
2.     Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung
3.     Ani tidak memakai payung
Kesimpulan yang sah adalah ….
a.     Hari panas
b.    Hari tidak panas
c.     Ani memakai topi
d.    Hari panas dan Ani memakai topi
e.     Hari tidak panas dan Ani memakai topi
(UN 2007)

7.     Diketahui premis berikut :
1.     Jika Budi rajin belajar maka ia menjadi pandai.
2.     Jika Budi menjadi pandai maka ia lulus ujian.
3.     Budi tidak lulus ujian.
Kesimpulan yang sah adalah ….
a.     Budi menjadi pandai
b.    Budi rajin belajar
c.     Budi lulus ujian
d.    Budi tidak pandai
e.     Budi tidak rajin belajar
(UN 2005)

8.  Penarikan kesimpulan dengan menggunakan modus tolens didasarkan atas suatu pernyataan majemuk yang selalu berbentuk tautologi untuk setiap kasus. Pernyataan yang dimaksud adalah ….
a.     ( p → q ) Λ  p → q
b.    ( p → q ) Λ ~q → ~p
c.     ( p → q ) Λ p → ( p Λ q )
d.    ( p → q ) Λ ( q → r ) → ( p → r )
e.     ( p → q ) Λ ( p → r ) → ~ ( q → r )
(UN 2002)

9.     Kesimpulan dari premis berikut merupakan ….
p → ~q
q V r
----------
\ p → r
a.     konvers
b.    kontra posisi
c.     modus ponens
d.    modus tollens
e.     silogisme
(UN 2001)

10.  Negasi dari pernyataan “Jika ada ujian sekolah maka semua siswa belajar dengan rajin.” adalah ….
a.     Ada ujian sekolah dan semua siswa tidak belajar dengan rajin
b.    Ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin
c.     Ada ujian sekolah dan ada siswa yang belajar dengan rajin
d.    Tidak ada ujian sekolah dan semua siswa belajar dengan rajin
e.     Tidak ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin
(UN 2012 A)

No comments:

Post a Comment