Trik Menyelesaikan Integral Substitusi


Penyelesaian soal-soal Integral menggunakan sistem Integral Substitusi biasa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan integral yang memuat pangkat tinggi dari suatu suku aljabar. Biasanya kita akan memisalkan suku aljabar tersebut dengan u kemudian merubah bentuk aljabar tersebut dalam u dan seterusnya. Cara seperti ini memakan waktu yang cukup lama, kali ini saya sajikan cara cepat menyelesaikan permasalahan integral substitusi tanpa permisalan, sehingga lebih singkat dan sederhana. Perhatikan contoh berikut:



Contoh 1 :


(2x + 5)6 dx = ....

Penyelesaian :

  Turunan dari 2x + 5 = 2

sehingga:


Contoh 2 :

∫ 3x (4x2 - 3)7 dx = ....

Penyelesaian :

Turunan dari 4x2 - 3 = 8x, ambil koefisien  variabel x dari turunan yaitu 8 sebagai pembagi dan x diluar kurung di abaikan.

sehingga :


Contoh 3 :


∫(x – 2) (4x2 – 16x + 7)7  dx = ... .

Penyelesaian :
Turunan dari  4x2 – 16x + 7 = 8x - 16 = 8(x - 2) ambil koefisien dari (x - 2) yaitu 8 sebagai pembagi sedangkan ( x - 2 ) diabaikan.

sehingga :

19 comments:

  1. thank you, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. makasih banget ya mas, aku jadi ngerti. Sukses selalu, cek web ane di www.axelhutomo.com makasih yah.

    -axel

    ReplyDelete
  3. thankyou, agan! ngebantu banget nih buat ane yang gak pernah sama penjelasan gurunya di sekolah eheeh ngebantu banget pas uts gini, lanjutkan! *u*b

    ReplyDelete
  4. kalo yg dalam bentuk akar gimana?

    ReplyDelete
  5. kalau soalnya dalam bentuk trigonometri bisa juga di selesaikan dengan trik di atas??

    ReplyDelete
  6. kalo yang bentuk trigonometri bisa pake trik ini???

    ReplyDelete

SAMPAIKAN MASUKAN, SARAN ATAU PERTANYAAN ANDA DI SINI