Logika Matematika



Konjungsi

Konjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan menggunakan kata hubung “dan” , “walaupun”, “meskipun” atau “tetapi”. Konjungsi dari pernyataan p dan q dilambangkan dengan “&” atau  " á´§ ". Nilai kebenaran suatu konjungsi p á´§ q hanya akan benar jika nilai kebenaran p dan q keduanya benar. Jika dinyatakan dengan tabel kebenaran sebagai berikut
p
q
p á´§ q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
S
S










Disjungsi


Disjungsi merupakan pernyataan majemuk dengan menggunakan kata hubung “atau”. Disjungsi dari pernyataan p dan q dilambangkan dengan " V " Nilai kebenaran suatu disjungsi p V q hanya akan salah jika nilai kebenaran p dan q keduanya salah. Jika dinyatakan dengan tabel kebenaran sebagai berikut :

p
q
p V q
B
B
S
S
B
S
B
S
B
B
B
S





Implikasi

Implikasi adalah pernyataan majemuk dengan kata hubung “Jika …maka …..”. Implikasi dari pernyataan p dan q dilambangkan dengan  " p q " , dibaca “Jika p maka q”, p disebut anteseden/hipotesa/sebab dan q disebut konsekuen/konklusi/akibat.

Nilai kebenaran suatu implikasi p q hanya akan salah jika nilai kebenaran p (B) dan nilai kebenaran q (S) Jika dinyatakan dengan tabel kebenaran sebagai berikut :
p
q
pq
B
B
S
S
B
S
B
S
B
S
B
B


a.     Biimplikasi (bikondisional)
       Biimplikasi merupakan pernyataan majemuk dengan menggunakan kata hubung “….jika dan hanya jika …..”. Biimplikasi dari pernyataan p dan q dilambangkan dengan “dibaca “p jika dan hanya jika q”. Atau bisa juga diartikan Jika p maka q dan jika q maka p. Nilai kebenaran suatu biimplikasi pq hanya akan salah jika nilai kebenaran p dan q berbeda atau hanya akan benar jika nilai kebenaran p dan q sama. Jika dinyatakan dengan tabel kebenaran sebagai berikut :

P
Q
pq
B
B
B
B
S
S
S
B
S
S
S
B
 























No comments:

Post a Comment